Sabtu, 27 Agustus 2016

Workshop Pengembangan Pemanfaatan Jasa Lingkungan dan International Networking (23-24 April 2014)

Salah satu tujuan pengelolaan kawasan Taman Nasional Taka Bonerate adalah pengembangan pemanfaatan jasa lingkungan dan pariwisata. Berawal dari kajian perlunya pengembangan pariwisata dan International Networking, Balai TN Taka Bonerate menginisiasi pertemuan para pihak untuk memberikan tanggapan, serta saran dan inisiatif membangun dalam pengembangan pariwisata alam dan international networking, khususnya di Taman Nasional Taka Bonerate.


Wujud peran para pihak tertuang dalam pertemuan yang diinisiatif oleh Balai TN Taka Bonerate, bersama para pihak diantaranya dari LIPI, Direktorat PJLKKHL Kementerian Kehutanan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Polres Kepulauan Selayar, Kodim 1415 Kepulauan Selayar, Yayasan Eco Natural Society , Sileya Scuba Divers, Kampung Penyu serta berbagai kalangan pemerhati pariwisata Kepulauan Selayar. Acara pertemuan ini berlangsung pada tanggal 23-24 April 2014 di Kantor Bupati Kepulauan Selayar. Dalam pertemuan yang mengambil Judul “ Workshop Pengembangan Pemanfaatan Jasa Lingkungan dan International Networking” telah memberikan hasil kesepahaman untuk berupaya pengembangan jasa lingkungan khususnya bidang pariwisata bahari dan mengembangkan jejaring internasional yang lebih kuat.

Guna memperkuat inisiatif pengembangan pariwisata alam dan international networking ini para pihak, Direktur PJLKKHL dan Direktur Komite MAB Indonesia- LIPI beserta parak pihak lain turut serta dalam kunjungan lapangan yang berlangsung tanggal 24-25 April 2015 di Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate. Kunjungan tersebut diantaranya pertemuan dengan masyarakat Pulau Latondu dengan Kelompok Usaha Produktif Krupuk Ikan dan Abon Ikan. Rombongan juga melihat langsung atraksi wisata bahari diving, snorkeling, dan atraksi bermain dengan babyshark di Tinabo. Selain itu rombongan juga melakukan atraksi konservasi yaitu pelepasan tukik di pantai Pulau Tinabo, penanaman pohon cemara (program One three one label).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar