Selasa, 13 Juni 2017

Kegiatan Sosialisasi dan Branding Cagar Biosfer Area Transisi

Kegiatan Sosialisasi dan Penyempurnaan Managemen Plan Cagar Biosfer Taka Bonerate – Kepulauan Selayar di kecamatan Benteng dilakukan 2 (dua) kali yaitu tanggal 29 Juli 2015 dan tanggal 29 Desember 2016. Pada kegiatan yang pertama mengundang anggota Forum Pengelolaan Cagar Biosfer Taka Bonerate - Kepulauan Selayar dan SKPD terkait. Sosialisasi disampaikan oleh Kepala Balai Taman Nasinal Taka Bonerate Ir. Jusman dan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Jinato Akhmadi, S.Hut, M.Si. Setelah pemaparan materi sosialisasi dilanjutkan dengan sesi diskusi untuk mendapatkan masukan dalam penyempurnaan Managemen Plan Cagar Biosfer Taka Bonerate - Kepulauan Selayar.


Kegiatan Sosialisasi dan Penyempurnaan Managemen Plan Cagar Biosfer Taka Bonerate – Kepulauan Selayar di Area transisi yang kedua mengundang anggota Forum Pengelolaan Cagar Biosfer Taka Bonerate - Kepulauan Selayar, SKPD terkait dan kelompok masyarakat. Sebagai narasumber adalah Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate dengan materi "Menuju Kolaborasi Pengelolaan Cagar Biosfer Taka Bonerate – Kepulauan Selayar" dan Denny Rachman Executiv Director Deep & Extreme Indonesia dengan materi "Wisata Petualangan Taka Bonerate Selayar" sebagai branding cagar Biosfer Taka Bonerate - Kepulauan Selayar.
Pokok materi sosialisasi yang disampaikan oleh Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate adalah potensi dan nilai penting pengelolaan Cagar Biosfer Taka Bonerate - Kepulauan Selayar serta pengalaman pengelolaan cagar biosfer di negara-negara lain. Pokok materi yang disampaikan oleh Bapak Denny Rachman antara lain mengenai sejarah wisata petualangan, jenis-jenis wisata petualangan dan potensi wisata petualangan di Kepulauan Selayar. Untuk mensosialisasikan dan mengenalkan cagar biosfer ke masyarakat luas diperlukan branding untuk promosi potensi yang dimiliki oleh kawasan Taman Nasional Taka Bonerate dan Kepulauan Selayar salah satunya adalah wisata petualangan.

Peserta yang hadir pada kegiatan Sosialisasi dan Penyempurnaan Managemen Plan Cagar Biosfer Taka Bonerate - Kepualaun Selayar di Kecamatan Benteng berasal dari beberapa unsur pemerintah dan masyarakat diantaranya dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Perkumpulan Penggiat Pariwisata Selayar Taka Bonerate, Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan Nasional, Camat Benteng, Camat Takabonerate, Yayasan Econatural Society, WWF Indonesia, Dinas Kesehatan, Kampung Penyu, Dinas Pertanian dan Kehutanan, KNPI, HPI Kabupaten Kepulauan Selayar, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, PT. BPR Pesisir Tanadoang, Camat Pasimasunggu, Go Selayar Island Travel dan Sileya Scuba Divers.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar